Langsung ke konten utama

sebuah Angket untuk kita Mahasiswa PB Jerman

cerita kehidupan

Saat matakuliah Kakur, entah kenapa terfikir sebuah pertanyaan :

“ Apabila kelak kita menjadi guru Bahasa Jerman. Pada suatu hari ada seorang sisiwa menanyakan kepada kita: ‘Pak/bu kena[a kita harus belajar bahasa asing dan apa manfaatnya untuk kita sekarang dan nanti?’”

- Mona : belajar bahasa asing itu penting. Karena dijenjang pendidikan yang lebih tinggi atau dunia kerja, kita bakal berhadapan dengan istilah istilah asing yang tidak akan kita mengerti kalau tidak belajar bahasa asing, misalnya kalau kita akan kuliah di Hubungan Internasional atau FISIPOL. Selain itu, di dunia kerja nanti kita akan bekerja sama dengan partner/perusahaan asing. Gak lucu kalau gak menguasai satupun bahasa asing. Menguasai dua bahasa atau lebih adalah nilai plus-plus dan memudahkan kamu menerima dalam suatu bidadang pekerjaan tertentu.

- Laila: ‘ Karena dengan belajar bahasa asing kita dapat berkomunikasi dengan orang lain/dengan negara lain. Dengan demikian kita bisa saja bekerja dinegara lain yang gajinya lebih menjanjikan. Dan diera globalisasi, banyak orang asing yang berada diindonesia. Tentunya kita tidak mau kalah dong! Untuk itu kita perlu belajar bahasa asing!’

- Anjar: “bahasa adalah alat komunikasi, jadi kenapa kita belajar bahasa asing? Supaya dapat berkomunikasi dengan orang asing. Naah..mungkin diantara kalian ada yang ingin melanjutkan study atau bekerja diluar Negeri. Maka belajar bahasa asing merupaka suatu kewajiban, tetapi bagi yang tetap di Indonesia, mau tidak mau juga harus belajar bahasa asing, karena sumber ilmu negara kita. Misal: teknik berkiblat pada negara Jerman dan Jepang, Ekonomi berkiblat pada negara Amerika, dan ilmu ilmu yang lainpun mempunyai kiblatnya sendiri-sendiri, meskipun tidak semuanya.”

- Osin: *bahasa asing sebagai salah satu media komunikasi memudahkan kita untuk mempelajari dan mengenal orang lain. Dari hasil pembelajaran itu membantu kita untuk bisa lebih cermat dalam menilai sesuatu apa yang kita dapatkan dan rasakan saat kita hidup bersama oranglain terutama yang memiliki latar belakang kebudayaan dan pola pikir yang berbeda dari kita.*

- Nino: “karena bahasa asing membuat kita mampu berinteraksi dengan orang orang, juga orang asing secara lebih baik. Dimasa yang akan datang mau tidak mau, percaya tidak percaya, interaksi itu akan menjadi lebih sering lagi. Saat itulah kalian akan merasa tak akan pernah menyesal telah belajar bahasa asing.”

- Mas Angga: Untuk menyongsong hari/masa globalisasi. Bahasa asing merupakan hal utama yang penting untuk turut bersaing dalam era globalisasi dimasa depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Märchen – Marienkind - Brüder Grimm

Anak Maria diterjemahkan oleh: Silvi Ushliha untuk memenuhi tugas akhir Ueberzetsung D-I yogyakarta, 6 Januari 2013 Dipinggiran hutan yang sangat besar, hiduplah seorang penebang kayu dengan istrinya. Ia hanya memiliki satu orang anak, anaknya seorang perempuan masih 3 tahun. Mereka sangat miskin, karena mereka tidak memiliki banyak Roti dan Sosis setiap harinya, untuk mereka makan.   Pada suata hari penebang kayu lebih awal pergi ke Hutan untuk bekerja. Dan   ia menebang kayu, disana berdiri seorang yang cantik, Wanita yang lebih besar darinya, ia mengenakan mahkota di kepalanya terbuat dari cahaya bintang, ia lalu berkata kepada tukang kayu: “aku adalah Bunda Maria, Ibu dari Jesus. Kamu sangat miskin dan kekurangan. Berikan anakmu padaku. Aku akan merawat, menjadi ibunya dengan baik”. Penebang kayu mendengarjan. Ia menjemput anaknya dan menyerahkan kepada Bunda Maria, lalu mereka pergi menuju surga. Hidupnya bertambah baik. Mereka makan rotimanis dan meminum susu ma

Menyendiri

Hari Sabtu pulang cepat dan mas bojo masih kerja. Rasanya gak pengen pulang dulu. Mau ngajakin temen main belum kontak dari pagi, jadinya males nunggu, males kebawah juga (sekarang udah jadi anak atas) Alhasil mampir deh kesini, tempat nongkrong yang jaman kuliah selalu kesini ini cabang baru lagi.  Dateng sendirian, niatnya mah sambil ngerjain tugas tapi karena ada wifi gratis jadinya malah yutuban.  Ternyata, dampaknya lumayan sama diriku (alah bilang aja gak suka dirumah) hahaha Eh tapi beneran bikin fresh gak monoton pergi-sekolah-rumah seminggu keknya gitu terus. Untuk harga di bowling naiknya banyak ya, sup buah yang di kemas jadi ala ala cafe sama suasana yang asik banget buat Nongki.  Maulah kesitu lagi sambil nongkrong sama mas bojo. 

Ectopic Pregnancy

Sudah lama kupendam ini semua.. Hanya orang orang lingkup kecilku yang tahu. Dan kupikir untuk apa menceritakan yang belum rezekiku..  Bulan juli 2022 Suami bernegosiasi untuk ayo kita lakukan program hamil lagi, semua akan ada obatnya katanya.. Namun aku terus ragu tentang kondisi dan keuangan. Ia selalu bilang kalau dari kami ada yang memang tidak bisa kami akan berkomitmen untuk tetap bersama. Akhirnya setelah perdebatan panjang dan dengan keyakinan yang diberikan suami aku memutuskan yuk cari tahu tentang program itu.  Berawal aku tanya tanya dengan rekan yang kerja di salah satu RS yang menangani hal tersebut. Akhirnya kami memutuskan untuk yuk tanya langsung ke RS sadewa di IVF centre. Disana kami mendapatkan informasi ada program hamil dengan paket untuk mengetahui kondisi awal. Setelah melihat tentang biaya kami berdua merasa Insya Allah mampu dan masih bisa di jangkau.  Banyak proses yang kami lakukan, pertama suami cek sperm kemudian di konsultasikan kepada dr andrologi, aku