Langsung ke konten utama

hubungan Gigi dan senyuman

cerita kehidupan

senyum itu tidak memelukan gigi, tinggal tarik aja simpul bibirmu.. itu saja beres saya rasa! tapi ooh tapi kawaan, gigi pun punya andil besar dalam pembuatan senyum yang manis, juga tawa yang lucu..

eeeh gigi itu ternyata ada yang tumbuh akhir akhir, senang saat ada yang bilang waah gigi belakang uda tumbuh ya? itu artinya uda gede.. aaah gede? tua iya! hahhaahha

yuk cek info kenapa gerangan bikin sakit, juga bikin mumet, bikin mood ku rusak:

Gigi geraham bungsu sering disebut demikian karena merupakan gigi yang terakhir tumbuh pada rahang, baik rahang atas maupun rahang bawah. wisdom.jpgDi literatur ”bule” biasanya di sebut Wisdom teeth karena gigi tersebut biasanya tumbuh pada usia 18-20 tahun, pada usia ini ketika gigi tersebut tumbuh seseorang di anggap sudah dewasa atau bijaksana.

Dengan perkembangan jaman dan pola makan yang semakin lunak, manusia-pun mengalami evolusi, ukuran rahangnya mengecil yang tidak mencukupi untuk menampung ke 32 giginya.

Kondisi tersebut menyebabkan gigi geraham bungsu sering tidak tumbuh secara normal, gigi dapat tumbuh menyimpang ke arah pipi atau lidah, mendesak gigi sebelahnya atau bahkan impaksi, sama sekali tidak dapat tumbuh atau terpendam.

Keadaan ini hampir selalu menjadi masalah penyebab infeksi. Gigi berjejal, penyakit gusi, Impaksi geraham bungsu ini posisinya suka yang aneh2, ada yang horizontal, vertical, atau bahakan jungkir balik, suka2 si benih deh…

Selain keluhan lokal di dalam mulut, gigi yang terpendam ini seringkali menimbulkan keluhan migrain dan rasa sakit yang berkepanjangan pada kepala, sakit pada leher, kepala dan wajah yang kronis dengan gejala yang tidak spesifik dapat disebabkan salah satunya oleh gigi geraham bungsu. Selain itu juga merupakan sumber infeksi karena posisinya yang sulit dibersihkan menjadi tempat paling hot untuk berkembang biaknya para bakteri. Bila keadaan ini terjadi maka perlu di lakukan eliminasi gigi dan biasanya dilakukan oleh Ahli Bedah Mulut dengan operasi minor klinik gigi.

Prosedur operasinya cukup sederhana dan biasanya di lakukan dengan local anesthesia di kursi gigi, seletelah di lakukan penyuntikan, di lakukan insisi pada gusi lalu gigi yang terpendam tersebut dikeluarkan selanjutnya di lakukan penjahitan pada luka yang terbuka. Setelah selesai perhatikan instruski pasca pencabutan lalu kontrol setelah satu minggu, biasanya tidak perlu lagi dilakukan pembukaan jahitan bila di gunakan benang yang bisa di arsorbsi tubuh. Adakalanya bila di pandang perlu, pada impaksi gigi cukup dalam dan empat2nya sangat menggagu maka eliminasi di lakukan ke-empat2nya sekaligus dengan general anesthesia.

Update : Berdasarkan pertanyaan Dr. Huda, mengenai indikasi di US prosedur pengangkatan sudah merupkn kegiatan rutin pada saat check up ke dokter gigi umur 18-20 th di lakukan pemeriksaan radiologis, bila terlihat tumbuhnya bakalan miring maka di jadwal operasi tanpa menunggu keluhan, mungkin ini salah satu sebab mulut orang bule jarang yg maju kek tukul ya hehehe…(Hallo Kl, mau tak operasi?) Klo di Indo biasanya klo sudah menggangu baru ke dokter.

sedikit terimakasih buat asam mafenamat, setidaknya uda sedikit ngurangi sedikit nyerinya :)

Asam mefenamat termasuk obat pereda nyeri yang digolongkan sebagai NSAID (Non Steroidal Antiinflammatory Drugs). Asam mefenamat digunakan untuk mengatasi berbagai jenis rasa nyeri, namun lebih sering diresepkan untuk mengatasi sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi dan sakit ketika atau menjelang haid. Seperti juga obat lain, asam mefenamat dapat menyebabkan efek samping.

Salah satu efek samping asam mefenamat yang paling menonjol adalah merangsang dan merusak lambung. Sebab itu, asam mefenamat sebaiknya tidak diberikan pada pasien yang mengidap gangguan lambung.

Indikasi:
Dapat menghilangkan nyeri akut dan kronik, ringan sampai sedang sehubungan dengan sakit kepala, sakit gigi, dismenore primer, termasuk nyeri karena trauma, nyeri sendi, nyeri otot, nyeri sehabis operasi, nyeri pada persalinan.

Kontra Indikasi:
N/A

Komposisi:
Tiap tablet salut selaput mengandung asam mefenamat 500 mg.

Dosis:
Digunakan melalui mulut (per oral), sebaiknya sewaktu makan.

Dewasa dan anak di atas 14 tahun :
Dosis awal yang dianjurkan 500 mg kemudian dilanjutkan 250 mg tiap 6 jam.

Dismenore
500 mg 3 kali sehari, diberikan pada saat mulai menstruasi ataupun sakit dan dilanjutkan selama 2-3 hari.

Menoragia
500 mg 3 kali sehari, diberikan pada saat mulai menstruasi dan dilanjutkan selama 5 hari atau sampai perdarahan berhenti.

Efek samping:
Dapat terjadi gangguan saluran cerna, antara lain iritasi lambung, kolik usus, mual, muntah dan diare, rasa mengantuk, pusing, sakit kepala, penglihatan kabur, vertigo, dispepsia.

Pada penggunaan terus-menerus dengan dosis 2000 mg atau lebih sehari dapat mengakibatkan agranulositosis dan anemia hemolitik.

Kontraindikasi:
Pada penderita tukak lambung, radang usus, gangguan ginjal, asma dan hipersensitif terhadap asam mefenamat.

Pemakaian secara hati-hati pada penderita penyakit ginjal atau hati dan peradangan saluran cerna.

Interaksi Obat:
Obat-obat anti koagulan oral seperti warfarin; asetosal (aspirin) dan insulin.

Cara Penyimpanan:
Simpan di tempat sejuk dan kering.

Kemasan:
Kotak isi 100

Jenis: Tablet

jadi hubunganya antara gigi dengan senyuman itu sanga erat.. jadi silahkan cari sendiri solusi permasalahan ketika kalian merasakan nyeri seperti saya.... hahahaha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Märchen – Marienkind - Brüder Grimm

Anak Maria diterjemahkan oleh: Silvi Ushliha untuk memenuhi tugas akhir Ueberzetsung D-I yogyakarta, 6 Januari 2013 Dipinggiran hutan yang sangat besar, hiduplah seorang penebang kayu dengan istrinya. Ia hanya memiliki satu orang anak, anaknya seorang perempuan masih 3 tahun. Mereka sangat miskin, karena mereka tidak memiliki banyak Roti dan Sosis setiap harinya, untuk mereka makan.   Pada suata hari penebang kayu lebih awal pergi ke Hutan untuk bekerja. Dan   ia menebang kayu, disana berdiri seorang yang cantik, Wanita yang lebih besar darinya, ia mengenakan mahkota di kepalanya terbuat dari cahaya bintang, ia lalu berkata kepada tukang kayu: “aku adalah Bunda Maria, Ibu dari Jesus. Kamu sangat miskin dan kekurangan. Berikan anakmu padaku. Aku akan merawat, menjadi ibunya dengan baik”. Penebang kayu mendengarjan. Ia menjemput anaknya dan menyerahkan kepada Bunda Maria, lalu mereka pergi menuju surga. Hidupnya bertambah baik. Mereka makan rotimanis dan meminum susu ma

Menyendiri

Hari Sabtu pulang cepat dan mas bojo masih kerja. Rasanya gak pengen pulang dulu. Mau ngajakin temen main belum kontak dari pagi, jadinya males nunggu, males kebawah juga (sekarang udah jadi anak atas) Alhasil mampir deh kesini, tempat nongkrong yang jaman kuliah selalu kesini ini cabang baru lagi.  Dateng sendirian, niatnya mah sambil ngerjain tugas tapi karena ada wifi gratis jadinya malah yutuban.  Ternyata, dampaknya lumayan sama diriku (alah bilang aja gak suka dirumah) hahaha Eh tapi beneran bikin fresh gak monoton pergi-sekolah-rumah seminggu keknya gitu terus. Untuk harga di bowling naiknya banyak ya, sup buah yang di kemas jadi ala ala cafe sama suasana yang asik banget buat Nongki.  Maulah kesitu lagi sambil nongkrong sama mas bojo. 

Ectopic Pregnancy

Sudah lama kupendam ini semua.. Hanya orang orang lingkup kecilku yang tahu. Dan kupikir untuk apa menceritakan yang belum rezekiku..  Bulan juli 2022 Suami bernegosiasi untuk ayo kita lakukan program hamil lagi, semua akan ada obatnya katanya.. Namun aku terus ragu tentang kondisi dan keuangan. Ia selalu bilang kalau dari kami ada yang memang tidak bisa kami akan berkomitmen untuk tetap bersama. Akhirnya setelah perdebatan panjang dan dengan keyakinan yang diberikan suami aku memutuskan yuk cari tahu tentang program itu.  Berawal aku tanya tanya dengan rekan yang kerja di salah satu RS yang menangani hal tersebut. Akhirnya kami memutuskan untuk yuk tanya langsung ke RS sadewa di IVF centre. Disana kami mendapatkan informasi ada program hamil dengan paket untuk mengetahui kondisi awal. Setelah melihat tentang biaya kami berdua merasa Insya Allah mampu dan masih bisa di jangkau.  Banyak proses yang kami lakukan, pertama suami cek sperm kemudian di konsultasikan kepada dr andrologi, aku