Langsung ke konten utama

Rasa simpati yang berlebihan

Berita viral lagi tentang anak yang dibully oleh oknum dianggap bercandaan dan video. Video tersebut di unggah dan viral. 

Gak tau anak itu siapa namanya. Yang aku tau ia berjualan semacam pastel asli Sulawesi untuk membantu ibunya, nadanya gemuk dan memang kelihatan muka yang polos yang Sayang sama ibunya. Cuma sekilas membaca berita yang menjelaskan kalau sepertinya mendapat kekerasan fisik, sampai di dorong ke sawah. Video tersebut berhasil membuat kemarahan banyak pihak. Kejadian itu sungguh sangat di sayangkan. Pembullyan terhadap yang menurut mereka lemah memang tidak bisa di benarkan. Tidak ada kekerasan yang dibebankan. 

Tapi... Efek setelah itu. Sikap kasian atau empati berubah tidak masuk akal. Awal mula diberikan hadiah untuk membatu jualan ibunya oleh salah satu mungkin yutuber gtu ya. Terus viral lagi. Semua merasa iba. Sampai sampai gubernur dari Sulawesi datang ke rumah dan menghadiahkan nya motor. Bayangin! Anak kecil yang punya KTP aja blm, apalagi punya SIM dikasih motor. Itu simpati atau bunuh diri? Semua politikus berbondong bondong memberikan perhatian. Tidak tau efek kedepannya bagaimana? Kasian yang salah menurutku. Berlebihan dan akan menjerumuskan anak itu lagi. Secara psikologis mungkin akan merasa sombong atau mungkin disuatu saat dia akan membully orang lain. Simpati boleh. Tapi yang wajar aja lah.

Sama nih kasusnya sama driver ojol, akibat pandemi ini memang orderan sepi, penghasilan mereka harian belum lagi bayar cicilan motor. Semua berita mengangkat dan melabeli ojol adalah orang yang paling berdampak karena pandemi. Padahal.. lebih banyak lagi orang yang lebih sengsara daripada mereka. Tapi gak pernah tuh diangkat. Karena kita berempati terlalu berlebihan. Bagaimana dengan para pekerja buruh pabrik yang harian juga, supir travel, orang yang bekerja di museum atau tempat wisata, bahkan guru pun. Terus waktu orderan mereka banyak lebih lebih karena setiap hari bisa dapat 400-500rb uangnya kemana? Kalo hidupnya ajeg mah uang segitu udah bisa buat nyisihin bayar cicilan, makan juga mewah. Ketika lagi seneng banyak orderan gak inget siapa siapa, tapi pas merasa susah pengennya dibantu. Jiwa apa kek gitu itu. 

Seenggaknya kita tidak menyusahkan orang. Hidup seperlunya. Harus tau mana yang bisa dibantu mana yang aku bisa bertahan sendiri. 

#day30
#30haribercerita

Alhamdulillah sudah selesai menyelesaikan challenge!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Märchen – Marienkind - Brüder Grimm

Anak Maria diterjemahkan oleh: Silvi Ushliha untuk memenuhi tugas akhir Ueberzetsung D-I yogyakarta, 6 Januari 2013 Dipinggiran hutan yang sangat besar, hiduplah seorang penebang kayu dengan istrinya. Ia hanya memiliki satu orang anak, anaknya seorang perempuan masih 3 tahun. Mereka sangat miskin, karena mereka tidak memiliki banyak Roti dan Sosis setiap harinya, untuk mereka makan.   Pada suata hari penebang kayu lebih awal pergi ke Hutan untuk bekerja. Dan   ia menebang kayu, disana berdiri seorang yang cantik, Wanita yang lebih besar darinya, ia mengenakan mahkota di kepalanya terbuat dari cahaya bintang, ia lalu berkata kepada tukang kayu: “aku adalah Bunda Maria, Ibu dari Jesus. Kamu sangat miskin dan kekurangan. Berikan anakmu padaku. Aku akan merawat, menjadi ibunya dengan baik”. Penebang kayu mendengarjan. Ia menjemput anaknya dan menyerahkan kepada Bunda Maria, lalu mereka pergi menuju surga. Hidupnya bertambah baik. Mereka makan rotimanis dan meminum susu ma

Menyendiri

Hari Sabtu pulang cepat dan mas bojo masih kerja. Rasanya gak pengen pulang dulu. Mau ngajakin temen main belum kontak dari pagi, jadinya males nunggu, males kebawah juga (sekarang udah jadi anak atas) Alhasil mampir deh kesini, tempat nongkrong yang jaman kuliah selalu kesini ini cabang baru lagi.  Dateng sendirian, niatnya mah sambil ngerjain tugas tapi karena ada wifi gratis jadinya malah yutuban.  Ternyata, dampaknya lumayan sama diriku (alah bilang aja gak suka dirumah) hahaha Eh tapi beneran bikin fresh gak monoton pergi-sekolah-rumah seminggu keknya gitu terus. Untuk harga di bowling naiknya banyak ya, sup buah yang di kemas jadi ala ala cafe sama suasana yang asik banget buat Nongki.  Maulah kesitu lagi sambil nongkrong sama mas bojo. 

Ectopic Pregnancy

Sudah lama kupendam ini semua.. Hanya orang orang lingkup kecilku yang tahu. Dan kupikir untuk apa menceritakan yang belum rezekiku..  Bulan juli 2022 Suami bernegosiasi untuk ayo kita lakukan program hamil lagi, semua akan ada obatnya katanya.. Namun aku terus ragu tentang kondisi dan keuangan. Ia selalu bilang kalau dari kami ada yang memang tidak bisa kami akan berkomitmen untuk tetap bersama. Akhirnya setelah perdebatan panjang dan dengan keyakinan yang diberikan suami aku memutuskan yuk cari tahu tentang program itu.  Berawal aku tanya tanya dengan rekan yang kerja di salah satu RS yang menangani hal tersebut. Akhirnya kami memutuskan untuk yuk tanya langsung ke RS sadewa di IVF centre. Disana kami mendapatkan informasi ada program hamil dengan paket untuk mengetahui kondisi awal. Setelah melihat tentang biaya kami berdua merasa Insya Allah mampu dan masih bisa di jangkau.  Banyak proses yang kami lakukan, pertama suami cek sperm kemudian di konsultasikan kepada dr andrologi, aku